Beranda Artikel Kenali 8 Jenis Kecerdasan, Kamu yang Mana?

Kenali 8 Jenis Kecerdasan, Kamu yang Mana?

Ilustrasi. (Rossdita Amallya [AM]/DETaK

Artikel | DETaK

Pernahkah kamu merasa takut atau cemas saat menerima nilaimu selama satu semester? kamu takut merasa kecewa karena kamu tidak unggul di beberapa pelajaran atau mata kuliahmu. Sebenarnya nilai rapor dan IPK bukanlah satu-satunya hal yang bisa digunakan untuk mengukur kecerdasanmu. Faktanya, ada 8 jenis kecerdasan yang dapat dimiliki oleh manusia. Kamu bisa saja memiliki satu atau dua dari 8 kecerdasan itu.

Pada tahun 1983, Howard Gardner, seorang ahli riset asal Amerika Serikat, menulis sebuah buku berjudul “Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligence”. Melalui buku itu Howard menjelaskan bahwa tidak ada orang yang tidak cerdas. Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing di berbagai bidang kecerdasan. Menurut Howard, ada 8 jenis kecerdasan yang dimiliki oleh setiap manusia.

IKLAN
loading...


1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif baik tulisan maupun lisan. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik cenderung pandai berbicara dan menulis karena mereka pandai bermain dengan kata.

2. Kecerdasan Logik-Matematik

Kecerdasan logik matematik adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah dengan cara yang logis (masuk akal). Orang dengan kecerdasan ini cenderung pandai dalam berhitung dan menyukai permainan seperti puzzle atau catur.

3. Kecerdasan Visual dan Spasial

Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan seseorang untuk melihat dan mengamati visual dan spasial secara akurat. Orang dengan kecerdasan ini cenderung menyukai bidang seni seperti menggambar.

4. Kecerdasan Musik

Kecerdasan musik adalah kemampuan seseorang dalam bermusik. Orang dengan kecerdasan ini cenderung memiliki kepekaan terhadap ritme, melodi, dan timbre dari musik yang didengarnya. Ia senang mendengar musik, memainkan alat musik, dan membentuk atau membuat sebuah lagu.

5. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan seseorang dalam memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Orang yang memiliki kecerdasan ini cenderung merupakan pendengar serta pemberi nasihat yang baik.

6. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan seseorang memahami dirinya sendiri.  Orang dengan kecerdasan ini cenderung memahami kelemahan dan kelebihannya serta seorang pemikir independent dan memiliki tujuan yang pasti untuk dirinya sendiri.

7. Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan tubuhnya untuk mengekspresikan sesuatu. Orang dengan kecerdasan ini cenderung menyukai dan sangat terampil dalam kegiatan fisik seperti olahraga dan menari.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis adalah kemampuan seseorang untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan, dan membuat kategori terhadap apa yang ia lihat di lingkungannya. Orang dengan kecerdasan ini cenderung menyukai dan mengetahui banyak hal tentang hewan dan tanaman.

Nah, jadi itu dia 8 jenis kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Setiap dari kita memiliki keistimewaan dan keunikan kita masing-masing. Tidak unggul dalam satu hal tidak membuat kamu tidak cerdas. Jadi, kecerdasan mana yang kamu miliki?

Referensi:

-Milana, Robby. 2021. “Howard Gardner dan Teori Kecerdasan Majemuk”, diakses dari revolusimental.go.id/kabar-revolusi-mental/detail-berita-dan-artikel?url=howard-gardner-dan-teori-kecerdasan-majemuk pada 16 Desember 2021.

-Cempakawarna, MI Persis. 2012, “8 kecerdasan menurut Howard Gardner” diakses dari mipersis07.blogspot.com/2012/12/8-kecerdasan-menurut-howard-garner pada 16 Desember 2021.

Penulis bernama Rossdita Amallya, mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Syiah Kuala angkatan 2020. Ia juga merupakan anggota magang di UKM Pers DETaK.

Editor: Della Novia Sandra